Waktu

Link Blog Siswa

Ego
Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 15 Oktober 2011

3D Blender

Blender adalah sebuah software 3D suite yang boleh dikata salah satu yang terlengkap di antara software-software open source. Tool-tool yang disediakan sederhana, namun sudah mencakup seluruh kebutuhan untuk pembuatan film animasi. Satu kelebihan utama Blender adalag game engine yang terintegrasi, dan dengan game engine tersebuat anda dapat menciptkan software interaktif baik game, presentasi atau web interaktif, tanpa menuntut anda memiliki pengetahuan tentang programming yang mendalam.

Untuk pencahayaan Blender menyediakan fasilitas radiosity. Dengan radiosity, anda dapat menciptkan efek pencahayaan yang realistik, menyerupai dengan dunia nyata. Walaupun implementasinya pada blender masih terbilang sederhana dan masih jauh dari sempurna namun radisity adalah fasilitas yang absen pada beberapa software animasi komersil bahkan yang bernama besar

Blender tersedia untuk berbagai macam OS diantaranya Windows, Linux,Mac OS X, freeBSD, Irix dan Solaris. Blender juga tidak menuntut kemampuan komputer yangtinggi. Kebutuhan spesifikasi PPC minimal untuk menjalankan Blender adalah prosesor 486-compatible,RAM 32 MB, tampilan 16 bit dan grapic card yang memiliki kemampuan Open GL. Dengan spesifikasi tersebut anda sudah dapat bekerja dengan blender, tetapi tentunya lebih disarankan untuk menggunakan PC dengan kemampuan yang lebih tinggi misalnya memiliki PC yang mempunyai spesifikasi minimal pentium 3 dengan RAM 128 MB agar seluruh fasilitas blender dapat berjalan dengan maksimal.

Blender dapat diperoleh dari situs utamanya www.blender3d.org. Pada versi 2.31 blender telah memiliki perubahan-perubahan yang cukup banyak dibandingkan dengan versi 2.25 (Blender Publisher). Diantaranya penambahan tool-tool modeling, seperti slice tool dan fasilitas undo yang lebih baik serta keterangan icon-icon yang lebih lengkap yang tentunya sangat memberikan kemudahan dibandingkan dengan versi 2.25. Hanya saja pada versi diatas 2.25 game engine tidak disertakan, dikatakan pada situsnya bahwa mereka mengalami masalah pada lisensi game engine tersebut.

Pada instalasi OS Windows, anda hanya perlu menjalankan file.exe dan jalankan proses instalasi seperti anda menjalankan proses instalasi kebanyakan software Windows lainnya. Lalu jalankan file blender.exe pada folder instalasi blender atau jalankan melalui start menu.

Pada instalasi OS Linux tersedia 2 alternatif, anda dapat menggunakan versi static atau versi source. Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan Linux dapat menggunakan versi source, yang tentu saja terlebih dahulu anda compile sebelum dapat dijalankan. Bagi anda yang baru mulai mengenal Linux disarankan menggunakan versi static

Berikut ini merupakan Blender Essentials video tutorial 3D Suite Program (Modeling, Compositing & Animation) (Similar to: 3DsMax. Maya, Lightwave, CInema 4D)
Level : Absolute Beginner.
Language : Bahasa Indonesia
Format : *.swf (flash file)
Size : 800 X 600

1. Introduction
Mengenal Interface Blender –> download (5.65 MB)
2. View Port
Mengenal Viewport pada Blender –> download (2.68 MB)
3. 3D View
Mengenal 3D view pada Blender –> download (8.25 MB)
4. Select / deselect
Menyeleksi dan me-nonseleksi –> download (2.71 MB)
5. Transformasi
Merubah Letak, Skala dan rotasi –> download ... Login atau Register

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search This Blog

Pengikut